Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

Membangun Standarisasi Sistem Penggajian Melalui Lokakarya Kepegawaian

Membangun Standarisasi Sistem Penggajian Melalui Lokakarya Kepegawaian

Dalam upaya integrasi dan peningkatan kinerja Credit Union dalam memastikan pelayanan yang berkualitas dan memastikan keberlanjutan gerakan CU, PUSKOPCUINA melakukan standarisasi struktur, nomenklatur jabatan, levelisasi manajemen, job description dan job specification. Untuk meningkatkan efektivitas dan keadilan dalam proses penggajian di CU primer tentu diperlukan sebuah standar sistem penggajian.

Lokakarya kepegawaian yang dilaksanakan tanggal 20-21 Juli 2023 secara luring dan daring melalui aplikasi zoom meeting, difasilitasi oleh Agustinus Alibata anggota pengurus PUSKOPCUINA. Tema tema kali ini “Standarisasi Sistem Penggajian”, merupakan program yang disusun untuk membahas dan meyepakati model sistim penggajian dalam gerakan PUSKOPCUINA. Dengan terselenggaranya kegiatan lokakarya ini diharapkan akan memotivasi manajemen untuk mencapai hasil yang lebih baik dan sejalan dengan tujuan pertumbuhan CU Primer secara keseluruhan. Lokakarya Kepegawaian kali ini diikuti oleh pengurus, pengawas, manajemen PUSKOPCUINA, serta para utusan 44 CU anggota dari 46 atau 95,65% anggota.

Tujuan Lokakarya Kepegawaian tersebut diantaranya:

  1. Menciptakan standarisasi sistem penggajian yang efektif dan efisien dalam gerakan PUSKOPCUINA. Dengan memiliki sistem penggajian yang terstandarisasi, CU Primer dapat bekerja secara terkoordinasi dan konsisten, memastikan pelayanan yang berkualitas kepada anggota, serta meningkatkan kinerja dan efektivitas operasional secara keseluruhan.
  2. Memastikan keberlanjutan gerakan CU: melalui standarisasi sistem penggajian, tujuan jangka panjang gerakan PUSKOPCUINA adalah memastikan keberlanjutan gerakan CU. Dengan memperkuat manajemen dan struktur kepegawaian yang efektif, CU Primer dapat beroperasi secara berkelanjutan dan menghadapi tantangan yang ada di pasar keuangan dengan lebih baik. Sistem penggajian yang adil dan transparan juga dapat memotivasi karyawan untuk berkontribusi secara maksimal dan memperkuat komitmen mereka terhadap gerakan CU.
  3. Eefektivitas dan keadilan dalam proses penggajian di CU Primer. Dengan melakukan standarisasi sistem penggajian, CU Primer dapat memastikan bahwa penentuan gaji karyawan didasarkan pada parameter yang objektif, seperti kinerja dan kontribusi mereka. Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang transparan, adil, dan mendorong motivasi serta loyalitas karyawan. 

Hasil dari lokakaya ini diharapkan adanya standarisasi penggajian di lingkungan CU dalam jejaring PUSKOPCUINA sesuai dengan kemampuan CU masing-masing. Dengan standarisasi yang jelas, diharapkan tercipta sistem penggajian yang adil dan transparan, meningkatkan motivasi karyawan, serta memperbaiki pengelolaan keuangan. Hal ini akan mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan CU Primer, serta memberikan pelayanan yang berkualitas kepada anggota.

Dengan terselenggaranya lokakarya kepegawaian ini, diharapkan terwujudnya sistem penggajian yang standar, adil, dan efektif dalam gerakan PUSKOPCUINA. Melalui kolaborasi dan diskusi yang dilakukan, diharapkan peserta terinspirasi untuk memberikan yang terbaik, mencapai hasil yang lebih baik, dan berkomitmen pada pertumbuhan CU Primer.

Dokumentasi PUSKOPCUINA: Peserta Lokakarya Kepegawaian Dari Media Online Zoom

Lokakarya ini merupakan langkah penting dalam mendorong motivasi, keadilan, dan efisiensi dalam proses penggajian, dengan tujuan akhir memastikan pelayanan yang berkualitas kepada anggota serta keberlanjutan gerakan CU Primer anggota PUSKOPCUINA.

Hasil akhir Lokakarya Kepegawaian ini diperoleh 14 (empat belas) rumusan kesepakatan bersama CU peserta yang tertuang dalam berita acara tentang beberapa keputusan sebagai hasil bersama yang akan dilaksanakan dalam jaringan CU di PUSKOPCUINA.

 

Adrianus Alkadri - NAC PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Adrianus Alkadri
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang membidangi NAC

Artikel Terkait: