Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

MONITORING DAN EVALUASI

MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM KERJA CU KUSAPA SEMESTER I

MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM KERJA CU KUSAPA SEMESTER I

Dalam menjalankan sebuah organisasi, pengelola wajib membuat serangkaian perencanaan yang matang. Perencanaan ini biasa disebut juga dengan strategic planning dan bisnis plan. Sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa perencanaan yang matang. Setiap rencana yang dilakukan merupakan penyusunan berbagai langkah supaya organisasi bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari segala risiko kegagalan.

Untuk memastikan tujuan organisasi yang dituangkan dalam program kerja tercapai sesuai dengan perencanaan bisnis maka diperlukan monitoring dan evaluasi.

Pengertian Monitoring

Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas pelaksanaan program kerja yang telah disusun dalam tahun buku. Monitoring melibatkan perhitungan atas apa yang telah kita lakukan, monitoring melibatkan pengamatan atas kualitas dari layanan yang kita berikan.

Tujuan monitoring:

  1. Manjaga agar kebijakan yang sedang diimplementasikan sesuai dengan tujuan dan sasaran.
  2. Menemukan kesalahan sedini mungkin sehingga mengurangi risiko yang lebih besar.
  3. Melakukan tindakan modifikasi terhadap kebijakan apabila hasil monitoring mengharuskan untuk itu.

Pengertian Evaluasi

Evaluasi adalah kegiatan untuk menilai tingkat kinerja suatu kebijakan secara sistematis menginvestigasi efektifitas program kerja. Menilai kontribusi program kerja terhadap perubahan (Goal/objektif) dan menilai kebutuhan perbaikan, kelanjutan atau perluasan program (rekomendasi).


Tujuan Evaluasi

  1. Untuk mengkaji kesesuaian kegiatan dengan perencanaan.
  2. Mengidentifikasi masalah dari pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi masalah tersebut.
  3. Melakukan penilaian kinerja dan manajemen yang digunakan secara tepat untuk mencapai tujuan yang ditentukan dalam target
  4. Untuk mengetahui keterkaitan kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan agar didapatkan indeks kemajuan kegiatan dalam pencapaian tujuan.

Indikator Evaluasi

  1. Efektivitas: apakah hasil yang diinginkan telah tercapai.
  2. Kecukupan: seberapa jauh hasil yang telah tercapai dapat memecahkan masalah?
  3. Pemerataan: apakah biaya dan manfaat didistribusikan merata kepada anggota yang berbeda?
  4. Responsivitas: apakah hasil kebijakan memuat preferensi/nilai kelompok dan dapat memuaskan anggota?
  5. Ketepatan: apakah hasil yang dicapai bermanfaat?
  6. Kaitan antara Monitoring dan Evaluasi adalah evaluasi memerlukan hasil dari monitoring dan digunakan untuk kontribusi program

Kegiatan monitoring dan evaluasi CU KUSAPA dilaksanakan pada hari jumat tanggal 21 juli 2023 di Aula Santa Maria Rumah Retret Laverna Sanggau. Kegiatan Monev dibuka oleh ketua Pengurus CU KUSAPA bapak Akasius Susanto, S.Pd, dalam sambutannya beliau menekankan perlunya monitoring dan evaluasi untuk mengukur capaian program kerja CU KUSAPA semester pertama agar dapat memastikan program kerja berjalan dengan baik sehingga mencapai hasil kinerja yang memuaskan.

Dalam kegiatan Monev CU KUSAPA, ada 5 indikator yang dibahas sesuai dengan target dan sasaran program kerja tahun buku 2023 yaitu:

  1. Perspektif Keuangan.
  2. Perspektif Anggota.
  3. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran.
  4. Perspektif Bisnis internal.
  5. Perspektif Pendidikan Pelatihan dan Pemberdayaan

Setiap perspektif dibahas dan dikupas secara jelas untuk melihat capaian kinerja yang telah dicapai dalam semester pertama. Dalam kegiatan Monev CU KUSAPA ini menghasilkan beberapa rekomendasi yang wajib ditindaklanjuti oleh manajemen. 

Setelah kegiatan Monev CU KUSAPA selesai peserta merumuskan tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh manajemen. Kegiatan Monev ditutup pada jumat pukul 17.00 WIB dalam sambutan penutup yang disampaikan oleh General Manager CU KUSAPA bapak Deomedes Berlin, S.E, beliau mengajak semua jajaran manajemen untuk fokus bekerja untuk mencapai target. Karena dengan tercapainya target dalam program kerja, maka kinerja manajeman akan dinilai baik.

Kesimpulan

Mengingat begitu pentingnya kegiatan Monev ini, maka CU KUSAPA secara konsisten menargetkan pelaksanaan kegiatan ini dalam program kerja sebanyak dua kali dalam tahun buku 2023.

Share this Post:
Ditulis oleh SUKINO
Deputy Pemberdayaan

Artikel Terkait: