Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Rekoleksi danTeam Building BKCU Kalimantan

Rekoleksi danTeam Building BKCU Kalimantan

Di tahun 2016 ini BKCU Kalimantan memulai kegiatan internal dengan OD ( Organization Development ) kemudian melanjutkannya dengant Rekoleksi dan Team Building.

Kedua kegiatan ini berbeda namun mempunyai tujuan yang sama yaitu membangun sinergi dan kekuatan tim.

Rekoleksi dan Team Building dirasa perlu dilakukan disetiap awal tahun guna mempersiapkan diri dan tim untuk melaksanakan program kerja dengan penuh dedikasi agar tercapai hasil yang maksimal.

Team building yang dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 Januari 2016 yang difasilitasi oleh LCI ( Lintas Cakrawala Indonesia ) yang dimotori oleh Agustinus Alibata, Nistain Odop dan Hengky. Hari dimulai tanggal 29 sd 30 Januari 2016 diikuti oleh 28 orang peserta yang diikuti oleh unsur Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen.

LCI membagi kegiatan dengan porsi 30% Teori in class dan 70% Praktek out class. kegiatan dimulai senam pagi dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang " Kiat memastikan pencapaian tujuan bersama dalam organisasi " dengan metode POLC yaitu : Planning - Organizing - Leading - Controlling.

Materi berikutnya adalah " Membangun sinergi dan kekuatan tim "

Menurut Alibata selaku direktur LCI, Sinergi terjadi ketika dua orang atau lebih menghasilkan lebih banyak secara bersama-sama dibanding penjumlahan apa yang dapat mereka hasilkan sendiri-sendiri.

aturan dasar dari sinergi adalah :

- Kembangkan mentalitas Win-Win.

- Jagalah agar pikiran, hati dan ekspresi tetap terbuka terhadap kemungkinan baru.

- Mengakui pendapat, sudut pandang dan perspektif yang berbeda sebagai dukungan yang dapat membantu mencari solusi.

Esensi dari sinergi adalah menghargai perbedaan – menghormatinya, membangun atas dasar kekuatan, menutup kelemahan.

Kekuatan tim dapat diraih jika semua anggota mempunyai :

Totalitas, semua anggota terlibat, fokus pada peran, utamakan pada tanggung jawab, gunakan setiap kreativitas yang ada, dorong orang lain untuk terlibat, gunakan nilai-nilai, optimis serta penuh keyakinan.

Diakhir sesi Alibata sebagai fasilitator menegaskan : Jika kita bukan bagian dari solusi di dalam kelompok, maka kita adalah bagian dari masalah dalam kelompok itu.

Menurut Alibata selaku fasilitaor Team Building, untuk membangun sinergi pada tim tidaklah bisa diteorikan saja, maka untuk itu perlu diuji seberapa jauh peserta mampu menyerap materi yang kemudian akan dipraktekan dalam kegiatan lapangan dalam bentuk game - game seru, menjelajah dan problem solving lainnya.

Setiap hari kegiatan dimulai jam 05.00 pagi dan berakhir jam 09.00 malam. badan yang terasa penat terobati dengan canda tawa bersama ditambah suasana yang masih asri dilembah Rivotorto, Sarikan Toho kalimantan barat.

Pada hari ke - 3 tepatnya tanggal 31 Januari 2016 kegiatan dimulai dengan misa ekaristi kudus yang dipimpin oleh William Chang, OFM. Cap.

"Selesai Out bound Jasmani, maka hari terkahir ini kita akan Out Bound Rohani" begitu Pastor William Chang memulai pencerahannya.

Dalam sesi rekoleksi Pastor menyinggung beberapah hal, misalnya tentang pentingnya bekerja. sentilnya :  " Yesus saja selain menjadi guru masih bekerja juga sebagai tukang kayu, masa kita masih mau bermalas-malasan ? " 

Pastornya mengingatkan pentingnya profesionalitas, kesiapan mental dan ketrampilan dalam menghadapi MEA atau masyarakat ekonomi asia.

Pastor menyampaikan bahwa pentingnya mengelola konflik, karena banyak sekali kekacauan  disebabkan oleh ketidakmampuan untuk mengelola konflik.

Pastor menyampaikan bahwa pentingnya sikap profesional dalam bekerja yaitu memiliki ketrampilan yang terus diupgrade, Kesetiaan pada gerakan dan dedikasi yang tinggi pada pekerjaan, jadilah pelayan bagi sesama.

Diakhir sesi Pastor William Chang mengingatkan Insan BKCU Kalimatan : " Jadilah kalian insan BKCU Kalimantan yang Profesional, jangan yang Komersial "

 

 

Share this Post:

Artikel Terkait: