Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Internasional

Overview Asian Forum 2022

Overview Asian Forum 2022

Asian Forum 2022 merupakan sebuah event internasional yang diselenggarakan oleh ACCU (Association of Asian Confederation of Credit Union) di Bangkok, Thailand pada tanggal 29 Agustus - 1 September 2022. Pertemuan tahunan ini dihadiri oleh Credit Union dari 16 negara yaitu Australia, Bangladesh, Indonesia, India, Jepang, Laos, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Tema Asian Forum kali ini adalah 

Greener, Inclusive, Resillient Path to COVID 19 Recovery 

yang berfokus pada pandemi, perubahan iklim dan tantangan Credit Union untuk meningkatkan taraf hidup anggota akibat pandemi yang melanda berbagai lapisan masyarakat.

Pada forum kali ini juga disandingkan sebuah acara bersejarah yaitu perayaan ke 50 tahun federasi Credit Union di Thailand yaitu dari FSCT (Federation of Savings and Credit Cooperatives of Thailand) yang terjadi pada tanggal 1 september 2022.

 Hari Pertama - 29 Agustus 2022

Hari pertama dimulai dengan acara penyambutan yang terdiri dari perarakan bendera 16 negara, dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Thailand. 

Dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dan pengenalan forum kepada para peserta. Kemudian penyerahan penghargaan kepada Credit Union yang berprestasi yaitu:

  • Recognition Award (Instituional Category) kepada Australian Mutuals Foundation
  • Outstanding Credit Union Executive Award kepada Ms. Juris Perez, CEO dari Tagum Cooperative, Filipina
  • WOCCU Digital Award 2021 kepada NATCCO dan PFCCO untuk Kaya Payment Platform
  • Akreditasi ACCESS GOLD kepada Tagum Cooperative
  • Akreditasi ACCESS BRONZE kepada Oro Integrated Cooperative

Kemudian dilanjutkan dengan seminar pertama yang membahas mengenai tantangan global credit union sampai dengan 2030 yang dibawakan oleh Ibu Melina Morisson yang merupakan CEO dari Business Council of Co-operatives and Mutuals secara virtual via zoom.

Seminar kedua membahas mengenai pandangan umum terkait gerakan Credit Union Asia setelah COVID 19. Disini ada 3 panelis yang membagikan rencana dan tindakan yang akan dilakukan dalam menghadapi "new normal" yaitu kehidupan setelah pandemi.  Mereka juga membagikan pengalaman dampak dari pandemi kepada Credit Union dan kepada anggotanya.

ketiga panelis itu adalah

  1. Prakash Pokharel, CEO NEFSCUN
  2. Patrick Palma, GM CCULB
  3. Ernan Palabyab, Officer-in-Charge CEO PFCCO

Dilanjutkan lagi dengan Seminar ketiga yang membahas kestabilan finansial Credit Union dan perencanan untuk disrupsi dan pembelajaran dari krisis. Seminar ini dibawakan oleh Mark Worthington, CEO dari Australian Mutual Bank. Beliau menekankan bagaimana gerakan Credit Union mesti mempersiapkan diri terhadap krisis. Dan bagaimana menghadapi disrupsi dalam kehidupan.

Kemudian seminar terakhir pada hari ini adalah seminar terkait pelatihan leadership bootcamp yang dibawakan oleh CEO dari ACCU yaitu Ms. Elenita v. San Roque ditemani oleh 2 orang reactors yaitu Marselus Sunardi, Ketua PUSKOPCUINA, dan Nicolas Valentin, Wakil Ketua NATCCO.

Seminar ini membahas garis besar dan dampak positif dari mengikuti pelatihan leadership bootcamp dan juga sharing dari para reactors yang merupakan peserta dari pelatihan leadership bootcamp yang sudah diselenggarakan.

Dan setelah 4 seminar tersebut maka dilanjutkan dengan kelompok seminar yang terbagi menjadi 3 ruangan dan tema berbeda yaitu

Hari Kedua - 30 Agustus 2022

Hari kedua dimulai dengan seminar ke lima yang membahas mengenai transformasi digital di Credit Union Vietnam. Disini mereka membagikan strategi mereka dalam melakukan transformasi digital dan menjelaskan bagaimana pandemi telah mendorong percepatan transformasi digital. Seminar ini dibawakan oleh Nguyen Thac Tam yang merupakan Deputy General Director dari Cooperative Bank of vietnam.

Seminar selanjutnya yang ke-enam adalah mengenai dampak sosial ekonomi gerakan Credit Union di Thailand dan tantangan terhadap dinamika sosial baru. Disini Credit Union Thailand membagikan bagaimana peran mereka dalam melaksanakan misi utama yaitu membantu masyarakat miskin. Seminar ini dibawakan oleh Dr. reecha Sitdhikomkrai yang merupakan Special Expert of Cooperative Department, And Board of Director of The Cooperative Academic Institute, Kasetsart University, Thailand.

Kemudian dilanjutkan dengan seminar kelompok (breakout) yang terdiri dari 3 kelompok berbeda yang membahas mengenai

Dan setelah semua breakout selesai maka dilanjutkan dengan seminar terakhir yaitu seminar ke 7 yangm embahas mengenai Respons Credit Union dalam menghadapi tantangan tatanan sosial baru. Seminar ini dibawakan oleh Dr. Junichi Naito, President dan CEO, Shinkumi Banks Association of Japan.

Dan setelah semua seminar telah selesai maka tiba selanjutnya disepakati beberapa rekomendasi untuk Forum tahun ini yaitu:

  1. Menumbuhkan budaya penatagunaan iklim yang mendukung inovasi dengan melembagakan program peningkatan kesadaran bagi anggota dan lensa iklim di semua aspek operasi dan layanan keuangan serikat kredit untuk mengelola dampak perubahan iklim, meningkatkan kapasitas adaptif, dan mengurangi kerentanan secara keseluruhan.
  2. Membangun ketahanan Credit Union dan sektor keuangan koperasi untuk mencegah, bertindak, memulihkan, menyerap, dan beradaptasi dengan guncangan dan gangguan dengan melembagakan budaya manajemen risiko untuk mencapai setidaknya 10% Modal Institusional
  3. Berkontribusi pada digitalisasi terpadu koperasi keuangan yang diprakarsai oleh federasi yang dapat lebih meningkatkan inovasi dan kewirausahaan serta mendukung transisi ke layanan keuangan yang inklusif, berbiaya rendah, dan rendah karbon.
  4. Fokus pada kesehatan keuangan holistik untuk anggota dan karyawan daripada hanya literasi keuangan dengan menawarkan dukungan dan saran holistik sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek sambil bekerja menuju tujuan keuangan jangka panjang.
  5. Memperdalam jangkauan dengan menerapkan Program Inovasi Keuangan Mikro Credit Union yang berkelanjutan yang berfokus pada perempuan dan laki-laki, kelompok yang kurang beruntung dan kelompok terpinggirkan lainnya di masyarakat untuk mewujudkan komitmen dan partisipasi dalam mencapai SDG Goal 1; MENGAKHIRI KEMISKINAN DALAM SEGALA BENTUKNYA DI MANA SAJA
  6. Menciptakan peluang kerja bagi para anggota dengan melembagakan Layanan Pengembangan Usaha yang memberikan nasihat bisnis individual dan bantuan teknis yang profesional, berkualitas tinggi, dan bantuan teknis kepada anggota dengan usaha kecil dan usaha pra-usaha yang ada.
  7. Meningkatkan kualitas dan identitas serikat kredit dengan mengadopsi standar ACCESS sebagai pengaturan mandiri dan pengawasan berbasis risiko wajib untuk Credit Union.
  8. Tingkatkan peran Credit Union sebagai penasihat penciptaan kekayaan tepercaya anggota dengan hanya menawarkan produk dan layanan pengembangan kekayaan yang membantu anggota mencapai kemandirian finansial mereka.
  9. Merangkul solidaritas antargenerasi yang menuntut pemimpin dan karyawan dari semua generasi untuk mempertahankan pengabdian pada nilai-nilai koperasi dan prinsip-prinsip orang yang membantu orang. Dengan demikian, kami berkomitmen untuk mendidik kembali diri kami sendiri melalui Kamp Pelatihan Kepemimpinan untuk memperdalam rasa misi kami saat kami meneruskan tongkat estafet kepada generasi pemimpin berikutnya.
  10. Terlibat secara aktif dalam pengembangan strategi integrasi, memberikan umpan balik yang tepat waktu tentang pencapaian dan tantangan integrasi.

Hari Ketiga - 31 Agustus 2022

Hari ketiga dibagi menjadi 2 jenis kegiatan, yaitu untuk peserta yang mengikuti ACCU Annual General Meeting (AGM) / Rapat Anggota Tahunan ACCU.

Untuk peserta tidak yang mengikuti AGM maka akan menjalani kegiatan Cultural Immersion yaitu perjalanan dengan bis ke beberapa tempat bersejarah di Thailand. Sedangkan untuk peserta AGM maka akan tetap stay di hotel untuk mengikuti AGM.

Di AGM membahas mengenai hasil kerja di tahun 2021 dan juga program kerja untuk tahun 2022. Selain itu juga ada pemilihan pengurus ACCU yang dimana yang terpilih adalah:

  • President: Korea - Kim Younsik
  • Vice: Thailand - Adjaop Lt. Gen Dr. Weera Wongsan
  • Vice2 : Taiwan - Lee, Chen-Fen
  • Treasure: India - Kaka Koyate
  • Secretary: Filipina - Nicolas M. Valentine

Dan selanjutnya adalah penentuan tuan rumah untuk Asian Forum 2023 yang dimana akan dilaksanakan di Nepal

Hari Keempat - 1 September 2022

Hari terakhir dari rangkaian kegiatan Asian Forum 2022 adalah dengan kunjungan ke 4 Credit Union di Thailand yang dibagi menjadi 4 grup peserta. Dan untuk peserta AGM maka dilanjutkan dengan menghadiri perayaan ulang tahun ke 50 dari Federasi Credit Union di Thailand yaitu FSCT di kantornya

Sedangkan untuk peserta yang tidak mengikuti AGM maka akan dibawa ke pusat perbelanjaan dan tempat wisata.

Share this Post:
Ditulis oleh Tony
Staf sistem informasi yang bertanggungjawab atas website BKCU dan aplikasi SIMO.

Artikel Terkait: