Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Pelatihan teknis

Peningkatan Kemampuan Presentasi Dalam Memasarkan Produk Usaha

Peningkatan Kemampuan Presentasi Dalam Memasarkan Produk Usaha

Salah satu aspek pendukung dalam kemajuan bisnis antara lain kemampuan pengusaha mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan supaya calon konsumen merasa yakin membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
UMKM saat ini juga sering mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran yang diselenggarakan berbagai instansi baik pemerintahan ataupun swasta. Sebelum terpilih para pelaku UMKM diharuskan mempresentasikan produknya dihadapan para kurator. Berangkat dari fakta diatas CU Angudi Laras merasa perlu untuk meningkatkan kemampuan anggota UMKM dalam hal mempresentasikan produknya.
Salah satu pendampingan usaha anggota yang dilakukan di CU Angudi Laras adalah Coaching Clinic. Ini adalah pelatihan lanjuta untuk para pelaku UMKM yang sudah siap naik kelas. Khusus di Bulan Sepetember 2022 materi yang diiinginkan adalah peningkatan kemampuan presentasi produk. 

Materi pelatihan meliputi :

  1. Public Speaking : Kemampuan berbicara di depan public untuk menyampaikan ide dan pemikiranmu secara verbal maupun non verbal.
  2. Personal Branding : sebuah strategi untuk membangun citra diri. Personal branding sebagai upaya seorang individu dalam mempromosikan atau memasarkan pengalaman, karier, dan juga dirinya sendiri sebagai merek
  3. Penentuan Segmen dan Value Proporsition : Siapa target pemasaranmu dan apa penjelasan terkait kenapa pelanggan harus bisa memilih menggunakan produk ataupun layanan yang Anda tawarkan.
  4. Deskripsi Produk : informasi yang menjelaskan produk Anda, baik berupa spesifikasi produk, kelebihan, cara penggunaan dan lain sebagainya

Setiap peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan diri dan produknyanya di depan forum sehingga bisa dikoreksi pemilihan kata dan juga sikap dalam presentasinya. 

Pada kesempatan pertama presentasi di depan orang lain pasti menjadi hal yang mendebarkan, rata-rata pemilihan katanya belum terlalu fokus, terlalu banyak keterangan yang tidak penting, cenderung bercerita hal pribadi dan yang paling sering adalah terlalu gugup. Jam terbang dan pengalaman berbicara mutlak dibutuhkan untuk pengembangan kemampuan presentasi ini. Setelah mencoba satu dua kali dengan perbaikan materi presentasi. para peserta dapat mempresentasikan diri dan produknya dengan lebih tenang, tertata dan fokus. 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Maria Christiani
Manajer CU Angudi Laras, Purworejo

Artikel Terkait: