Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

BERITA KSP CREDIT UNION DEUS PROVIDEBIT

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN

Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban Koperasi yang harus dilaksanakan pada setiap tahunnya setelah dilakukan tutup buku tahun lalu. Hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, yang tertuang pada Pasal 22 s.d. 26.

Pada Pasal 26 dinyatakan bahwa:

  1. Rapat Anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam 1 (satu) tahun.
  2. Rapat Anggota untuk mengesahkan pertanggungjawaban Pengurus diselenggarakan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun buku lalu.

Mengacu pada aturan tersebut di atas, mulai bulan Januari 2024 sudah banyak Koperasi yang melaksanakan RAT. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh KSP Credit Union Deus Providebit, telah melaksanakan RAT pada Sabtu (16/3/2024), walaupun belum bisa menghadirkan seluruh anggotanya, tapi partisipasi anggota sangat antusias untuk hadir dalam pelaksanaan RAT tersebut. 

KSP Credit Union Deus Providebit  melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Rapat Anggota Tahunan, yang dilaksanakan di Rumah Retret Pangesti Wening Ambarawa dan diikuti perwakilan disetiap Unit kerja wilayah Jateng dan DIY lalu untuk anggota diluar wilayah Jateng DIY mengikuti RAT secara live streaming youtobe. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Vanfare, SE Perwakilan Kepala DInas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Rapat Anggota Tahunan dipimpin langsung oleh Pimpinan Sidang, Bapak Emanuel Tri Nugroho Haryadi, yang dipilih oleh anggota Koperasi dan ditujuk sebagai Pimpinan Sidang pada rapat Pleno bulan Januari 2024.

Dalam Kegiatan Rapat Anggota Tahunan KSP Credit Union Deus Providebit, Pengurus dan Pengawas menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban selama satu tahun buku yang akan dinilai dan sekaligus dievaluasi oleh anggota. Adapun pengurus koperasi tahun 2024 diketuai oleh Bapak Ignatius Suprayitno, S.Pd. Bapak Antonius Suhari, S.Pd. SD sebagai Sekretaris serta Sr. M. Christa, OSF sebagai Bendahara.

RAT Tahun Buku 2023 mempunyai arti penting bagi KSP Credit Union Deus Providebit yaitu Pengurus, Pengawas dan Anggota sebagai suatu kesempatan untuk saling koreksi sehingga Koperasi kita dapat lebih baik lagi di masa yang akan datang. Selain itu RAT juga akan memutuskan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi Tahun buku 2024 sebagai pedoman bagi Pengurus KSP Credit Union Deus Providebit untuk melaksanakan kegiatan dalam satu tahun ke depan.

Pada pelaksanaan RAT tersebut Ketua KSP Credit Union Deus Providebit (Ign Suprayitno S.Pd) menyampaikan bahwa pelaksanaan RAT dilaksanakan dengan mengundang anggota Perwakilan/Unit, namun tidak mengurangi hak dari seluruh anggota untuk memberikan tanggapannya atas pertangungjawaban dari Pengurus maupun Pengawas, melalui tertulis maupun google fom  “Dengan tetap menggunakan hak suara atau aspirasinya, maka seluruh anggota KSP Credit Union Deus Providebit bisa menyampaikan usulan, saran, kritik atas laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas.

Pada kesempatan tersebut Bapak Marselus Sunardi, S.Pd. Ketua Pengurus PUSKOP CREDIT UNION INDONESIA ( PUSKOCUINA ) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KSP Credit Union Deus Providebit yang telah bisa melaksanakan RAT. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan CU oleh Pengurus KSP Credit Union Deus Providebit baik, sehingga pelaksanaan RAT bisa tepat waktu. 

Dalam sambutannya Penasehat KSP Credit Union Deus Providebit Suster Maria Christella, OSF S.Pd. mengucapkan selamat kepada KSP Credit Union Deus Providebit atas peningkatan dari tahun sebelumnya. Penasehat KSP Credit Union Deus Providebit  juga menghimbau kepada Pengurus dan anggota agar mempunyai rasa memiliki terhadap KSP Credit Union Deus Providebit ini dengan tidak hanya menuntut haknya saja melainkan juga harus memenuhi kewajibannya guna membesarkan KSP Credit Union Deus Providebit ini agar bisa mengembangkan usahanya kedepan". Hal ini senada dengan apa yang disampaikan Ketua Pengurus PUSKOPCUINA Bapak Marselus Sunardi, S.Pd.

"Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang yang diwakili oleh Bapak Vanfare, SE menyampaikan terima kasih kepada KSP Credit Union Deus Providebit karena telah dapat menyelenggarakan RAT tutup buku tahun 2024 semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya agar semakin meningkatkan kinerja dalam tujuan melayani anggota dan meningkatkan kesejahteraan anggota dapat tercapai. Juga disampaikan bahwa KSP Credit Union Deus Providebit didorong untuk dapat mengembangkan usaha terutama dipemberdayaan anggota yang mempunyai usaha".

Diakhir Rapat, dilaksanakan Pergantian Antar Waktu Pengurus baru yaitu Bapak Yohanes Totok Warsito sebagai Anggota Pengurus menggantikan posisi Bapak Florentinus Arif Hartono. Setelah seluruh rangakaian rapat selesai, rapat ditutup oleh Pimpinan Sidang, 

 

Share this Post:
" SMASH '" SAHABAT MENUJU SEJAHTERA

Artikel Terkait: