Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Rapat Monitoring dan Evaluasi VII

Rapat Monitoring dan Evaluasi VII

Dalam gerakan PUSKOPCUINA, Monitoring dan Evaluasi (Monev) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan, baik oleh PUSKOPCUINA sebagai CU sekunder maupun anggotanya (CU primer). Pada dasarnya Monev mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja. Dengan kata lain, Monev dilakukan untuk mengukur pencapaian keberhasilan pelaksanaan program kerja dan menganalisis manfaat layanan yang diberikan kepada anggota.

PUSKOPCUINA mulai melaksanakan Rapat Monev secara konsisten sejak tahun 2015 yang lalu. Tahun ini Rapat Monev yang ke-7. Dilakukan sekali dalam setahun. Di CU Primer, sudah disepakati dalam kontrak solidaritas dilakukan minimal 3 kali dalam setahun pada bulan April, Juni dan Oktober.

Rapat Monev kali ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, Penasihat dan Manajemen PUSKOPCUINA selama 3 hari, mulai tanggal 26-28 Juli 2021. Dipimpin/fasilitasi oleh Marselus Sunardi selaku Ketua Pengurus. 

Kegiatan diawali dengan seremoni pembukaan. Dilanjutkan dengan pemaparan rangkuman laporan manajemen yang berisi pencapaian program kerja periode Januari-Juni 2021, berupa pemaparan rencana dan realisasi kegiatan dan anggaran. Dilanjutkan dengan tanggapan peserta. Hal yang patut disyukuri bahwa program kerja dapat tercapai  dengan cukup baik pada semester 1 tahun 2021 ini. Tentu ada kegiatan yang sudah diprogramkan belum terlaksana sampai dengan tanggal 30 Juni 2021. Hal ini lebih disebabkan kegiatan ditunda karena kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara luring.

Pada hari kedua Rapat Monev, diawali dengan pemaparan laporan pemeriksaan pengawas periode Januari s.d. Juni 2021 pada aspek kepatuhan, operasional dan keuangan. Pengawas menyoroti kegiatan-kegiatan yang belum terlaksana sampai dengan 30 Juni 2021 dan menyarankan untuk dilakukan secara daring.

Untuk mengkaji lebih jauh laporan manajemen dan laporan pemeriksaan pengawas, dilakukan diskusi kelompok, terdiri dari kelompok: organisasi, Diklat dan pemberdayaan, tata kelola, sistem informasi dan pelayanan keuangan. Waktu diskusi kelompok diberikan porsi yang banyak agar dapat mengali informasi terkait masalah/kendala/tantangan/kebutuhan di setiap bidang kerja.

Pada sesi kedua hari kedua dan dilanjutkan pada hari ketiga dilakukan diskusi pleno. Untuk membahas lebih lanjut hasil kerja kelompok. Rapat Monev VII telah menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan kinerja PUSKOPCUINA agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota di semester II tahun ini serta di masa yang akan datang.

Dalam Rapat Monev II ini juga dilakukan sosialisasi struktur manajemen yang akan digunakan pada tahun buku 2022 nanti. Struktur manajemen ini hasil dari lokakarya kepegawaian PUSKOPCUINA yang dilakukan pada tanggal 3-4 Juli 2021 secara daring. Perubahan struktur ini untuk menjawabi kebutuhan dan tantangan PUSKOPCUINA sebagai fedarasi CU nasional. Tentu saja tujuan akhirnya agar PUSKOPCUINA dan anggotanya berkelanjutan serta anggota CU primer meningkat mutu hidupnya. Tidak mudah merealisasikannya, namun dapat dicapai dengan kerjasama dan bekerja bersama dalam gerakan ini.

Sesi terakhir dari kegiatan ini, seremoni penghargaan atas pengabdian 20 tahun Ibu Rosalina Susi, Manajer Tata Kelola berkarya di PUSKOPCUINA. Jangka waktu 20 tahun tentu saja masa pengabdian yang sudah lama. Banyak karya yang sudah dibuat untuk membesarkan PUSKOPCUINA dan gerakan Credit Union di Indonesia ini. Tentu ada suka dan dukanya, namun sebagai aktivis CU, Ibu Susi, biasa dipanggil lebih mengenang sukacita selama pengabdian di PUSKOPCUINA. Selamat dan terima kasih atas pengabdian Ibu Susi, semoga terus berkarya dan menjadi inspirasi dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Semoga dengan selesainya Rapat Monev VII ini, kinerja PUSKOPCUINA semakin baik. MANTAP BOS – Mandiri, Tekun, Amanah, Peduli, Bersyukur, Optimis, Sabar….semoga karakter orang CU ini dapat diinternalisasi dalam keseharian pengabdian kita di gerakan CU. 

Salam Solusi Cerdas Terpercaya,

Erowin

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: