Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

RARK DAN RAPB PUSKOPCUINA 2023 "Bersinergi Untuk Ketahanan dan Keberlanjutan Gerakan"

RARK DAN RAPB PUSKOPCUINA 2023 "Bersinergi Untuk Ketahanan dan Keberlanjutan Gerakan"

Bersinergi Untuk Ketahanan dan Keberlanjutan Gerakan Credit Union

Itulah tema RARK dan RAPB tahun buku 2023. Untuk memastikan keberlanjutan gerakan Credit Union, PUSKOPCUINA yang saat ini memiliki 46 CU primer anggota, melaksanakan kegiatan penting yakni Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RARK & RAPB) untuk tahun buku 2023. Kegiatan RARK & RAPB dilaksanakan dengan dua model yaitu luring dan daring tanggal 28 November 2022, bertempat di Golden Tulip Hotel Pontianak.

RP. Prof. Dr. William Chang, OFMCap Saat Memimpin Misa RARK & RAPB dan Syukur HUT ke-34 -- Dok: PUSKOPCUINA 

Sebelum kegiatan dilakukan perayaan misa sekaligus misa syukur HUT PUSKOPCUINA ke-34. Misa dipimpin oleh Pastor Dr. Wiliam Chang, OFMCap. Peserta adalah para ketua pengurus dan pimpinan manajemen dari 46 CU anggota PUSKOPCUINA serta penasihat, pengurus, pengawas, komite, dan manajemen PUSKOPCUINA. CU anggota khususnya di Kota Pontianak yang hadir tatap muka yaitu CU Khatulistiwa Bakti, CU Muara Kasih, dan CU Stella Maris. Sedangkan 43 CU anggota lainnya mengikuti kegiatan secara virtual.

Ketua pengurus PUSKOPCUINA Marselus Sunardi yang memimpin rapat ini didampingi Simon Jaang selaku sekretaris rapat, dalam sambutannya mengingatkan bahwa tahun 2023 merupakan tahun yang berat bagi dunia dan gerakan CU. Pemerintah telah mengumumkan bahwa dunia termasuk Indonesia akan menghadapi resesi global. Selain itu, Indonesia juga akan menghadapi tantangan tahun politik menjelang pesta demokrasi tahun 2024. Dia menyebutkan ada tiga potensi krisis global yang harus diwaspadai tahun depan yakni krisis pangan, energi, dan keuangan.

Marselus Sunardi saat menyampaikan sambutan pembuka pada RARK & RAPB TB 2023 -- Dok: PUSKOPCUINA

Seperti dikutip laman resmiwww.worldbank.orgbank dunia memprediksi, kemungkinan besar dunia akan bergerak menuju resesi global serangkaian krisis keuangan di pasar negara berkembang pada tahun 2023 mendatang. Pada Juli lalu, IMF merevisi pertumbuhan global turun menjadi 3,2 persen pada 2022 dan 2,9 persen pada tahun 2023.Dari sisi global, Sunardi melihat tantangan bagi ekonomi saat ini yang tentu akan berdampak bagi gerakan CU, bermuasal dari krisis perang Rusia dan Ukraina yang tak pasti kapan akan berakhir. “Kita harus memiliki skenario-skenario bagaimana menghadapi uncertainty (ketidakpastian) yang cukup tinggi di tahun depan,” ujar Sunardi. Kita harus terus menggiatkan upaya-upaya peningkatan kegiatan para anggota kita, kegiatan pemberdayaan anggota kita terutama meningkatkan pertumbuhan hasil pangan, sehingga kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Pengurus, Pengawas, dan GM PUSKOPCUINA saat RARK & RAPB TB 2023 -- Dok: PUSKOPCUINA

Kegiatan RARK & RAPB membahas 5 (lima) bidang program kerja. Para peserta dibagi dalam 5 (lima) komisi yaitu Komisi Organisasi, Komisi Pemberdayaan, Komisi Teknologi Informasi, Komisi Tata Kelola dan Kepatuhan, serta Komisi Usaha. Selanjutnya hasil diskusi di setiap komisi dibahas secara pleno. Sebelum penutupan kegiatan RARK & RAPB telah ditandatangani berita acara yang merupakan rekomendasi untuk ditindaklanjuti pada tahun buku 2023. Selain pimpinan dan sekretaris rapat, utusan peserta yang turut menandatangani berita acara yaitu Agus Rahman (Ketua CU Muare Pesisir), Hermanus Abeh (Ketua CU Stella Maris), dan Victorina Budi Astuti (Ketua CU Khatulistiwa Bakti). Selanjutnya ketua pengurus menyerahkan program kerja tahun buku 2023 yang sudah disahkan kepada Erowin selaku GM PUSKOPCUINA untuk dilaksanakan sebagaimana mandat CU anggota.

 

Erowin Menerima Program Kerja TB 2023 yang diserahkan oleh Marselus Sunardi -- Dok: PUSKOPCUINA

PERAYAAN HUT KE-34 TAHUN PUSKOPCUINA

Perayaan syukur 34 tahun PUSKOPCUINA (27 November 2022) dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan RARK & RAPB. Hadir dalam syukuran HUT ke-34 tahun tersebut yaitu utusan CU anggota yang ada di Kota Pontianak, penasihat, pengurus, pengawas, komite, dan manajemen PUSKOPCUINA. Selain itu hadir pula pengurus dan pengawas PUSKOPCUINA periode sebelumnya, jajaran mitra seperti Dinas Koperasi dan UKM Kalbar, Ketua Komisi PSE, Pastor Wiliam Chang, Enjui Kanaka Nijananda, Yugata Arsitek, bank Kalbar, Bank BNI, Bank BTN, mitra asuransi yaitu Asta Kanti, Great Eastern, dan Reliance Indonesia.

Marselus Sunardi didampingi tamu undangan pada perayaan  HUT ke-34 tahun PUSKOPCUINA -- Dok: PUSKOPCUINA

Ketua Pengurus PUSKOPCUINA Marselus Sunardi dalam sambutannya pada acara syukur tersebut, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, para donator dari mitra yang turut mendukung kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancer “terima kasih juga kepada pengurus dan pengawas periode sebelumnya yang terus mendukung serta ikut menjaga marwah gerakan ini, sebagai pengawal nilai-nilai dan tata kelola CU dalam jaringan PUSKOPCUINA. Mari kita sama-sama menjaga federasi nasional terbesar di Indonesia ini agar tetap sehat dan berkelanjutan. Mari kita bersama-sama memastikan keberlanjutan gerakan Credit Union,” tutup Sunardi.

Junaidi, Kadis Koperasi Kalbar menyampaikan selamat dan sukses atas ulang tahun PUSKOPCUINA, dengan usia ke-34 tahun diharapkan semakin baik, semakin kuat, dan terus tumbuh berkembang bersama CU anggotanya. Terus bersinergi dengan program pemerintah sehingga keberadaan Gerakan PUSKOPCUINA semakin dirasakan dan diketahui masyarakat banyak. “saya menitipkan pesan, lakukan pembenahan atas kekurangan yang masih ada, lakukan pembenahan sesuai standar yang ada, dan terus memberikan pelatihan bagi para anggota maupun bagi seluruh aktivis di CU anggotanya” ujar Junaidi menutup sambutannya.

Puncak perayaan HUT ke-34 kali ini dilakikan acara tiup lilin dan pemotongan kue ulang tahun yang dilakukan oleh Marselus Sunardi yang turut didampingi para pengurus, pengawas, GM PUSKOPCUINA, perwakilan CU anggota, Kadis Koperasi Kalbar, tamu undangan, dan mitra PUSKOPCUINA yang hadir dalam perayaan tersebut.

DIRGAHAYU PUSKOPCUINA.

 

Adrianus Alkadri – NAC PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Adrianus Alkadri
Perangkat GM PUSKOPCUINA yang membidangi NAC

Artikel Terkait: