Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita Internasional

Youth Summit Pertama Dari Gerakan ACUNEL

Youth Summit Pertama Dari Gerakan ACUNEL

ACCU membentuk Jaringan Pemimpin Muda Credit Union Asia (ACUNEL) pada Februari 2022 sebagai strategi untuk menghubungkan, menginspirasi, mendukung, dan mengembangkan pemimpin yang berwawasan luas yang menyerap dan menunjukkan nilai proposisi dari Credit Union dalam membawa perubahan positif dalam kehidupan orang-orang. Anggotanya adalah anggota, staf, dan pemimpin dari Credit Union yang berusia di bawah 35 tahun.

Sebagai bagian dari kegiatan ACUNEL, maka dilaksanakan Youth Summit pertama kalinya yang mengusung tema “Youth voices, Collective impact: Charting the Path to Credit Union Transformation and International Youth Day Celebration” yang bertujuan untuk mempersatukan suara pemimpin muda dan perjuangan bersama untuk melakukan transformasi pada gerakan Credit Union.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Bangkok, Thailand dan dihadiri oleh berbagai negara yaitu dari Indonesia, Thailand, Filipina, Mongolia, Vietnam, Taiwan, Sri Lanka, dan Rusia dengan total peserta lebih dari 30 orang yang merupakan kalangan muda pada gerakan Credit Union di negaranya masing-masing.

PUSKOPCUINA hadir di Youth Summit dengan mengirimkan 2 orang perwakilan yaitu Tony yang merupakan Manajer Teknologi Informasi dan juga adalah komite wilayah ACUNEL untuk Indonesia dan Jullia Chandra yang merupakan staf penelitian dan pengembangan dan merupakan anggota dari ACUNEL Indonesia.

Kegiatan Youth Summit ini diselenggarakan oleh ACCU dan di sponsori oleh federasi Credit Union Korea yaitu NACUFOK yang memungkinkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara offline di Bangkok dan juga dapat memberikan dukungan pembiayaan tiket perjalanan dari negara asal ke Bangkok untuk para peserta terpilih yang memenuhi kriteria. Dan PUSKOPCUINA yang merupakan koordinator ACUNEL Indonesia juga mendapatkan dukungan pembiayaan tersebut untuk 2 orang.

Kegiatan dimulai tanggal 29 oktober di hotel The Pantip Hotel Ladprao dengan registrasi dan juga sambutan dari CEO ACCU yaitu Ms. Elenita V. San Roque yang sekaligus juga mengenalkan apa itu ACUNEL dan tujuan dari kegiatan ini diselenggarakan, serta menjelaskan kepada para peserta apa saja yang akan mereka temukan atau dapatkan dalam kegiatan ini.

semua peserta duduk di dalam kelompok yang dimana mereka mesti menyiapkan nama kelompok dan yel-yel serta akan bertugas sebagai host secara bergiliran setiap harinya serta menentukan lagu yang akan dinyanyikan bersama agar dapat direkam dan dijadikan theme song untuk kegiatan youth summit ini.

Hari kedua tanggal 30 oktober pada sesi pertama dilanjutkan oleh ACUNEL adhoc committe yang terdiri dari 4 orang yaitu dari Filipina ada Eniko Jaimee Reyes dari NATCOO dan Gilbert Sedigo dari PFCCO, kemudian dari Thailand Funn Kunkanya dari ACCU dan dari Indonesia adalah Tony dari PUSKOPCUINA.

Pembahasan sesi adalah terkait isu dan tantangan yang dihadapi oleh anak muda dalam keterlibatan di Credit Union yang terbagi dalam 5 bagian yaitu yang pertama kenapa keterlibatan anak muda itu penting? kemudian diskusi kelompok terkait topik pertama dilanjutkan dengan membahas tantangan yang dihadapi oleh anak muda di Credit Union, yang kemudian di bahas terkait solusi dalam menghadapi tantangan tersebut dan ditutup dengan bagaimana peran teknologi.

Sesi selanjutnya adalah terkait dengan bagaimana mengkomunikasikan visi dari jaringan credit union yang terintegrasi dan berkelanjutan khususnya di Asia yang dibawakan oleh ACCU yang dilanjutkan dengan sesi kepemimpinan yang bertujuan untuk mendorong jiwa kepemimpinan dari masing-masing peserta dengan mengidentifikasi tujuan hidup

Setelah sesi kepemimpinan maka dilanjutkan dengan sesi terakhir pada hari itu yaitu terkait dengan Sustainable Development goals yang berfokus pada nomor 13 yaitu terkait dengan climate action yang bertujuan untuk menyadarkan peserta terkait pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup.

Setelah sesi maka hari ditutup dengan permainan bersama yang dipimpin oleh kelompok yang bertugas. Pada hari ini peserta diminta memakai pakaian khas/daerah mereka masing-masing dan juga sekaligus memperkenalkan apapun tentang negara mereka. Setelah itu juga ditambah dengan sesi merekam video untuk theme song youth summit kali ini.

Hari ketiga yaitu tanggal 31 oktober membahas 4 sesi yaitu sesi terkait dengan bagaimana interaksi anak muda dalam penentuan keputusan, kemudian ke social entrepreneurship dan inovasi untuk pengembangan bisnis untuk anak muda, lalu dilanjutkan dengan sesi terkait teknologi untuk membantu anak muda dalam memanfaatkan media teknologi yang di fasilitasi oleh Tony dari PUSKOPCUINA. Dan sesi terakhir untuk hari itu adalah terkait bagaimana anak muda dapat mengelola kesehatan finansial pribadi.

Kemudian pada hari itu juga dirayakan perayaan hari Halloween dimana para peserta memakai berbagai macam kostum sambil bermain game dan beramah tamah satu sama lain.

Di hari keempat yaitu tanggal 1 november kegiatan dilanjutkan dengan field visit ke provinsi Phetchaburi untuk mengunjungi Credit Union Nong Kha Nang melihat bagaimana mereka mampu mengelola banyak kelompok pemberdayaan dan terdapat berbagai produk kesehatan yang diproduksi oleh anggota yang sudah dipasarkan secara nasional dan internasional.

Setelah dari CU peserta lanjut ke ECO Garden Credit Union yang merupakan sebuah kawasan resort untuk melakukan memasak makan malam dengan tema masakan thailand yang dibagi ke masing-masing kelompok dengan menu yang bervariasi.

Di hari terakhir ditutup dengan sesi ke sembilan yaitu penyusunan action plan untuk masing-masing negara untuk meningkatkan keterlibatan anak muda di Credit Union dan dipresentasikan. Setelah action plan maka dilakukan penyerahan sertifikat serta tukar kado antar peserta dan melihat theme song yang sudah di rekam sebelumnya. Setelah itu peserta berangkat ke kantor federasi Credit Union di Thailand sekaligus juga kantor dari ACCU yaitu di FSCT Building dan setelah itu malam ditutup dengan ke Icon siam untuk dinner cruise.

Melalui kegiatan Youth Summit ini maka para peserta dari berbagai negara mendapatkan pemahaman mendalam terkait bagaimana mendorong semangat anak muda dalam keterlibatan dalam gerakan Credit Union.

 

Share this Post:
Ditulis oleh Tony
Manajer Bidang Teknologi Informasi

Artikel Terkait: