Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Credit Union Stella Maris

Evaluasi untuk Hasil Terbaik

Evaluasi untuk Hasil Terbaik

Untuk mengevaluasi pencapaian program kerja KSP CU Stella Maris sampai bulan Juni 2022, maka dilakukan lokakarya Monitoring dan Evaluasi (Monev). Monev dibuka oleh ketua Pengurus Hermanus Abeh, berlangsung tanggal 12 sampai 14 Agustus 2022 bertempat di Rumah Retret Costantini (RRC) Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalbar. Monev diikuti seluruh Pengurus, Pengawas, Penasihat, Komite dan Manajemen.

Monev diawali presentasi brainstorming oleh fasilitator Edi Petebang, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dan sejumlah data pencapaian program CU Stella Maris. Dalam brainstorming, peserta diajak merefleksikan bagaimana pelaksanaan misi ganda CU, misi CUSM, visi CUSM, nilai-nilai inti CUSM, pencapaian program kerja sampai bulan Juni 2022.

Menurut fasilitator ada lima alasan mengapa lembaga, sebuah credit union harus melakukan evaluasi secara berkala. Pertama, memperlihatkan keberhasilan atau kegagalan program kerja. Kedua, menunjukkan di mana dan bagaimana perlu dilakukan perubahan. Ketiga, menentukan bagaimana kekuatan atau potensi dapat ditingkatkan. Keempat, memberikan informasi untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan. Kelima, membantu untuk dapat melihat konteks dengan lebih luas serta implikasinya terhadap kinerja lembaga.

GM, Ketua Pengurus, Fasilitator, KOmite dan Ketua Pengawas

Ada empat panduan Monev. Pertama, misi ganda CU, yakni anggota sehat  dan lembaga (CUSM) sehat. Kedua, misi CUSM. Ketiga, visi CUSM. Keempat, nilai-nilai inti CUSM. Keliman program Kerja Tahun Buku 2022.

Misi CUSM adalah “Meningkatkan kualitas hidup anggota melalui pelayanan keuangan, pemberdayaan dan digitalisasi”.  Visi CUSM adalah “Menjadi Credit Union Yang Sehat, Terpercaya, dan Berkelanjutan, Berbasis Komunitas  serta didukung  teknologi”.

Nilai-nilai inti CUSM adalah “Bekerja dengan Jujur sebagai Amanah anggota, Setia dalam tata kelola, Inovatif menciptakan produk dan layanan, serta Humanis dan Ramah Lingkungan”.

Setelah brainstoring, selanjutnya adalah presentasi pencapaian program kerja masing-masing TP oleh empat manajer TP, presentasi konsolidasi oleh general manajer dan hasil pemeriksaan pengawas.

Kinerja CU Stella Maris didalami apa tantangan dan hambatannya serta apa rekomendasi untuk perbaikan dibahas dalam diskusi kelompok dan pleno. Monev ditutup dengan kesepakatan rekomendasi rencana tindak lanjut.**

Share this Post:
Ditulis oleh Edi Petebang
Sekretaris Pengurus CU Stella Maris

Artikel Terkait: