Pengumuman:
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Ndar Sesepok ke - 15, semoga terus berkarya
PUSKOPCUINA mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Pangudi Luhur Kasih ke - 14, semoga terus berkarya
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita

Gebyar 18 tahun CUCT

Gebyar 18 tahun CUCT

GEBYAR 18 TAHUN CU CINDELARAS TUMANGKAR

Bulan Februari adalah bulan yang penuh gebyar untuk CU Cindelaras Tumangkar, karena banyak aktifitas besar yang dilakukan di bulan tersebut. Pada bulan Februari 2024 ini, CU Cindelaras Tumangkar merayakan ulangtahun yang ke-18. Untuk memeriahkan acara ulang tahun tersebut, CU Cindelaras Tumangkar membuat beberapa program-program promosi yang menarik bagi masyarakat sebagai calon anggota, bagi anggota yang akan mengakses pinjaman dan bagi anggota yang mulai melakukan transaksi di mobile escete.

Untuk masyarakat umum yang ingin menjadi anggota CU Cindelaras Tumangkar di bulan Februari 2024, CU Cindelaras memberikan promo bebas uang pangkal. Maksudnya di bulan Februari ini, bila ingin menjadi anggota CU Cindelaras Tumangkar cukup dengan nominal Rp 460.000 saja dan dari nominal tersebut yang Rp 310.000 menjadi simpanan milik anggota. Tujuan dari promo bebas uang pangkal ini agar supaya menjadi daya tarik masyarakat umum untuk menjadi anggota sehingga akan memberikan dampak pada pertumbuhan anggota di CU Cindelaras Tumangkar. Bagi anggota CU Cindelaras Tumangkar yang mengakses pinjaman akan mendapatkan promo bebas administrasi kredit (jaspel). Promo ini diperuntukkan anggota yang mengakses pinjaman mulai Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000. Tujuan dari promo ini untuk menarik minat anggota agar mengakses pinjaman sehingga memberikan dampak peningkatan pinjaman beredar di CU Cindelaras Tumangkar. Sedangkan program promo hadiah untuk transaksi terbanyak di mobile ESCETE ini bertujuan untuk menjadi daya tarik bagi anggota yang belum aktivasi mobile ESCETE agar segera aktivasi dan mempergunakan mobile ESCETE untuk pemenuhan kebutuhan harian seperti: membeli pulsa hp, membeli kuota data internet, membayar listrik, topup e-wallet, dll. Selain itu, mobile ESCETE juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi transfer dari dan ke bank lain. Selain itu, keberadaan aplikasi mobile ESCETE ini menunjukkan bahwa CU Cindelaras Tumangkar sudah melangkah untuk menjadi salah satu lembaga yang modern dan aktifitas keuangannya sudah dilakukan secara digital. Sehingga meningkatkan akuntanbilitas lembaga, transparansi transaksi dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap CU Cindelaras Tumangkar.

Tanggal 20 Februari 2024, adalah Ulang Tahun CU Cindelaras Tumangkar yang ke-18. Pada tanggal tersebut CU Cindelaras Tumangkar mengadakan kegiatan donor darah dengan tema : “Aksi Nyata Donor Darah Bersama CUCT”. Kegiatan ini dilaksanakan di TP Condong Catur pada hari Selasa, tepat di tanggal 20 Februari, sebagai tanggal lahirnya CU Cindelaras Tumangkar. Kegiatan ini sudah diumumkan sejak akhir Januari 2024 di grup-grup wa anggota CU Cindelaras Tumangkar. Kegiatan ini dihadiri oleh 26 orang dan yang lolos untuk dapat mendonorkan darahnya 19 orang. Mungkin kedepan perlu untuk dilakukan pengumuman di warga sekitar sehingga dapat menambah semarak kegiatan donor darah ini, karena dari 26 orang, semuanya adalah anggota CU Cindelaras Tumangkar. Menurut penulis, kegiatan donor darah ini dapat menjadi salah satu agenda promosi CU Cindelaras Tumangkar untuk warga masyarakat sekitar khususnya warga yang berdekatan dengan TP Condong Catur. Selain itu dimungkinkan kegiatan seperti ini dilakukan di hari libur, sehingga peluang menjaring masyarakat sekitar dan anggota menjadi lebih banyak.

Kegiatan donor darah terlaksana berkat kerja sama dengan PMI kabupaten Sleman sehingga pada tanggal 20 Februari 2024 mengirimkan 5 orang petugas untuk kelancaran kegiatan donor darah CU Cindelaras Tumangkar. Acara kegiatan dimulai dari pukul 08.30 hingga pukul 12.15. Selain dari PMI Kabupaten Sleman, CU Cindelaras Tumangkar juga menggandeng BRI KC Sleman untuk support doorprize, BRI KC Adisucipto support berupa dana dan BRI KCP Pasar Colombo support berupa 10 voucher belanja Indomaret @senilai Rp.100.000,-. Dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa CU Cindelaras Tumangkar siap untuk bersinergi dan berkolaburasi dengan lembaga-lembaga lain sehingga aksi-aksi nyata ini dapat dirasakan oleh anggota CU Cindelaras Tumangkar dan masyarakat pada umumnya.

Pada tanggal 25 Februari 2024, CU Cindelaras Tumangkar melaksanakan kegiatan paling utama selama Tahun Buku 2023 yaitu Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Ruang Kepodang PT Kanisius Lantai 2 Jalan Cempaka No. 9, Deresan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rapat Anggota Tahunan menjadi keharusan bagi Gerakan Koperasi dan Gerakan CU di Indonesia maka RAT menjadi adalah salah satu indikator apakah CU tersebut sehat dan dapat dipercaya oleh masyarakat umum. Menurut Undang-Undang, Rapat Anggota Tahunan sebagai perangkat organisasi yang memegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi, sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi. Maka kegiatan RAT merupakan kegiatan dimana Pengurus melaporkan pertanggungjawabannya dalam mengelola dan Pengawas melaporkan pengawasan terhadap jalannya CU Cindelaras Tumangkar kepada pemilik CU yaitu anggotanya. 

RAT CU Cindelaras Tumangkar Tahun Buku 2023 mengangkat tema : “Sebagai Pemilik, Kita Bertanggung Jawab  dan Turut Menentukan CUCT Menjadi Jalan Kesejahteraan Bersama”. dihadiri oleh perwakilan 4 TP yaitu TP Condong Catur, TP Lorejo, TP Wonosari dan TP Kotabaru. Selain itu juga hadir para Kadang Tumangkar serta Calon Komite. Tamu undangan dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh Bapak Irfan Harry Yunianto. Dari Dinas Koperasi Kabupaten Sleman adalah Ibu Wulan Anggraeni. PUSKOPCUINA sebagai CU Sekunder mengutus Pendeta Lukas Eko Sukoco, salah satu komite PUSKOPCUINA. Selain itu CU Cindelaras Tumangkar juga mengundang Universitas Atma Jaya dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai mitra kerja untuk pendampingan anggota CU Cindelaras Tumangkar di bidang pertanian dan peternakan. Tidak lupa juga CU Cindelaras Tumangkar mengundang Romo Paroki Gereja Kotabaru, sebagai ucapan terimakasih dan syukur karena selama ini sudah diberikan tempat untuk membuka pelayanan di wilayah Gereja Kotabaru.

RAT CU Cindelaras Tumangkar Tahun Buku 2023, dibuka dengan seremonial tarian persembahan dari anak-anak anggota TP Kotabaru. Dilanjutkan dengan doa pembukaan dan seremonial resmi CU Cindelaras Tumangkar dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Koperasi, Hymne CU, Mars PUSKOPCUINA, mengucapkan misi, visi, nilai-nilai inti dan slogan CU Cindelaras Tumangkar. 

Dalam sambutannya Pendeta Lukas sebagai perwakilan PUSKOPCUINA lebih banyak menjelaskan capaian-capaian apa yang sudah dilakukan oleh CU Cindelaras Tumangkar serta perbaikan-perbaikan apa yang perlu dilakukan di Tahun Buku 2024. Sedangkan sambutan yang terakhir dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi oleh Bapak Irfan lebih berisi tentang aturan-aturan baru perkoperasian Indonesia. Dengan selesainya sambutan dari Dinas, maka Bapak Irfan diminta untuk sekaligus membuka acara RAT CU Cindelaras Tumangkar.

RAT CU Cindelaras Tumangkar Tahun Buku 2023 ini dipimpin oleh Bapak Titus, anggota TP Lorejo dan Ibu Siti Aminah anggota TP Condong Catur sebagai sekretaris rapat. Dinamika RAT dapat berjalan dengan baik dan lancar mulai dari pemaparan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) oleh Pengurus, Laporan Hasil Pengawasan (LHP) oleh Pengawas dan Rencana Program Kerja dan Belanja TB 2024. Selain itu, agenda RAT CU Cindelaras Tumangkar TB 2023 ini juga mengesahkan anggota pengurus yaitu Ibu Prasetyastuti menggantikan Bapak Karyana yang mengundurkan diri, dan mengesahkan anggota Pengawas yaitu Ibu Elisabeth Kusumodewi menggantikan Bapak Hendra. Agenda berikutnya adalah menginformasikan kepada anggota sebagai pemilik CU Cindelaras Tumangkar bahwa Pengurus sudah membentuk Komite untuk membantu tugas-tugas Pengurus di Tahun Buku 2024. Ada 10 anggota komite yang dipilih dengan pembagian sebagai berikut : 2 untuk Komite Pusat, 2 untuk TP Condong Catur, 2 untuk TP Lorejo, 2 untuk TP Wonosari dan 2 untuk TP Kotabaru.

RAT CU Cindelaras Tumangkar selesai kurang lebih pukul 17.00.

 

 

Salam Tumangkar,

Nanang Sumaryadi

Wakil Ketua Pengurus CUCT

 

 

Share this Post:
Ditulis oleh Nanang Sumaryadi

Artikel Terkait: