Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Pembelajaran Credit Union

Langkah Awal Menuju Sertifikasi ACCESS Branding

Langkah Awal Menuju Sertifikasi ACCESS Branding

ACCESS Branding "Penilaian Atas Kinerja Standar di CU"

Penghargaan ACCESS Branding mungkin kurang familiar di telinga kita. Tapi tidak demikian di kalangan Koperasi Kredit atau Credit Union (CU) yang bernaung di bawah PUSKOPCUINA. ACCESS Branding adalah tools atau alat perencanaan strategis dan sekaligus penilaian standar tata kelola dan kualitas pelayanan sebuah Credit Union Primer. ACCESS sendiri adalah singkatan dari A-1 Competitive Choices for Excellence in Service and Soundness. Sejak tahun 2005 sertifikasi Access Branding telah disosialisasikan oleh ACCU (Asian Confederation of Credit Union) baik kepada CU/Koperasi Primer maupun gerakan PUSKOPDIT/Koperasi Sekunder. ACCESS adalah alat kepastian kualitas bagi Credit Union (CU) yang dikembangkan oleh Asian Confederation of Credit Union (ACCU) dengan mengadopsi Balance Scorecard.

Selaras dengan penilaian kinerja Balanced Scorecard, ACCESS Brandingmengukur empat perspektif pelayanan dan kesehatan CU, yaitu: Perspektif Keuangan, Perspektif Anggota, Perspektif Bisnis Internal dan  Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Keempat perspektif tersebut terurai ke dalam 86 indikator penilaian yang menjadi panduan dalam mencapai terbangunnya kemampuan bersaing jangka panjang, nilai dan deferensiasi CU di pasar. Saat ini ACCESS sudah menjadi salah satu kategori penilaian untuk PUSKOPCUINA Award, dimana PUSKOP Credit Union Indonesia (PUSKOPCUINA) sudah menerapkan standar ACCESS ini dalam kategori tata kelola CU yang sehat dan sudah memiliki satu CU anggota yang menerima akreditasi ACCESS Branding dari ACCU yaitu CU Sauan Sibarrung, Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada tahun 2018. Hasil dari verifikasi dan audit kala itu, CU Sauan Sibarrung dinyatakan memenuhi standar akreditasi ACCESS Branding dengan kategori Bronze.

Dok: Peserta Sosialisasi Pendampingan ACCESS Branding

Pencapaian ini menjadi salah satu sasaran strategis PUSKOPCUINA untuk bisa fokus dalam penerapan ACCESS Branding di CU-CU primer anggota. Salah satunya dengan mereview struktur manajemen PUSKOPCUINA tahun 2022 dengan menambah satu bagian baru pada bidang tata kelola dan kepatuhan yaitu bagian sertifikasi.Bagian ini dibentuk untuk fokus dalam pendampingan persiapan akreditasi ACCESS Branding CU-CU anggota.

Untuk pemantapan pendampingan ACCESS tahun 2023, dilakukan kegiatan sosialisasi pendampingan ACCESS Branding pada tanggal 30 September 2022 melalui media zoom. Kegiatan ini diikuti oleh CU Betang Asi, CU Kasih Sejahtera, CU Muara Kasih, dan CU Sumber Kasih Sejahtera dari 13 CU anggota yang diundang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dipandu oleh Rosalina Susi, salah satu tim ACCESS PUSKOPCUINA. Dalam presentasi,dijelaskan mengenai hal-hal apa yang dilakukan CU dan PUSKOPCUINA berkaitan akreditasi ACCESS, alur proses di CU dan PUSKOPCUINA, proses akreditasi ACCESS dan terakhir tentang Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Dalam diskusi yang terjadi , peserta juga bertanya tentang pembiayaan apa saja yang dikeluarkan dari persiapan sampai akreditasi sehingga CU-CU bisa mempersiapkan anggarannya. Petrus Doni, manajer tata kelola dan kepatuhan mengatakan pendampingan persiapan dilakukan sampai CU ini layak mengikuti sertifikasi ACCESS, dimana acuannya kelalaian pinjaman (A1) < 10% dan modal lembaga (E9) < 5% dan poin mencapai minimal bronze, yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya dan anggaran sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Selamat berproses untuk CU Betang Asi, CU Kasih Sejahtera, CU Muara Kasih, dan CU Sumber Kasih Sejahtera menuju tata kelola CU sehat dengan menerapkan ACCESS Branding.

Jadi, ACCESS Branding bukan sekedar penilaian yang menitikberatkan pada sarana prasarana, kelengkapan administrasi, pertumbuhan aset dan aspek kasat mata lainnya. ACCESS Branding merupakan penilaian yang holistik sampai kepada kinerja Credit Union sebagai sebuah gerakan dan kepemimpinan orang-orang yang terlibat dalam gerakan tersebut. Melihat cakupan penilaian yang begitu komprehensif, memang tidak mudah bagi sebuah Credit Union untuk mendapatkan penghargaan ACCESS Branding. Tetapi tidak mudah bukan berarti tidak mungkin bukan?

Jika semakin banyak CU dalam jaringan PUSKOPCUINA yang sehat dan berkinerja baik, maka semakin terbuka peluang bagi CU lainnya untuk memperoleh akreditasi ACCESS Branding. Semoga!

 

Ella Agustina - Staf Sertifikasi PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Ella Agustina
Staf Bidang Tata Kelola & Kepatuhan PUSKOPCUINA yang membidangi Sertifikasi

Artikel Terkait: