Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita PUSKOPCUINA

Pelatihan CUDCC

Pelatihan CUDCC

Di Koperasi Credit Union (CU), pengurus merupakan salah satu perangkat organisasi – selain rapat anggota dan pengawas - yang bertanggung jawab penuh atas kepengurusan/pengelolaan CU untuk mencapai tujuan CU tersebut. Tugas utama pengurus CU adalah memperkuat pondasi  CU sehingga CU sehat dan aman.

Credit Union Directors Competency Course (CUDCC) merupakan solusi bisnis ACCU nomor 4. CUDCC salah satu diklat wajib bagi Pengurus di CU. Bahkan di sarankan, sebelum menjadi pengurus CU, sebaiknya sudah mengikuti diklat ini sehingga sudah mengetahui fungsi dan tugas seorang pengurus. 

CUDCC penting bagi pengurus karena: Kesatu, CU perlu dikelola dengan sungguh-sungguh dan profesional. Kedua, CU membutuhkan para pemimpin CU yang benar-benar memahami seluk beluk CU dengan benar. Ketiga, kaderisasi dan suksesi; mempersiapkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan tentang CU bagi pengurus, calon pengurus, dan aktivis. 

Tanggal 20-24 April 2021, PUSKOPCUINA Kembali menyelenggarakan pelatihan CUDCC yang diikuti oleh 69 orang peserta dari 25 CU Primer. Pelatihan difasilitasi oleh Marselus Sunardi, Bendahara PUSKOPCUINA yang dimulai pukul 07.00 -15.00 WIB. 

Pelatihan dilakukan secara online yang hostnya dipusatkan di Kantor PUSKOPCUINA. Serapina Serapin, Manajer Diklat dan Pemberdayaan PUSKOPCUINA selaku panitia. Dalam waktu bersamaan, ada 3 pelatihan yang dilakukan oleh PUSKOPCUINA, yaitu CUDCC, CUSCC dan training center. Tentu dengan fasilitator dan panitia yang berbeda juga.

CUDCC mengupas tuntas apa yang menjadi kompetensi bagi pengurus CU melalui materi: Kesatu, membangun citra CU. Kedua,  fungsi, tugas, dan tanggung jawab pengurus CU. Ketiga, proses strategic planning CU. Keempat, konsep marketing di CU. Kelima, siklus manajemen keuangan dan audit. Keenam, manajemen sumber daya manusia (HRM). Ketujuh, kepatuhan. Kedelapan,peminjaman berbasis kemampuan dan peminjaman yang bertanggung jawab. Kesembilan, tata kelola credit union yang sehat, dan Kesepuluh, penilaian kinerja dan pengembangan pengurus.

Pemaparan materi, diskusi dan sharing pengalaman merupakan metode yang digunakan dalam pelatihan ini. Fasilitator mengupas dengan jelas dan tuntas fungsi, tugas dan tanggungjawab pengurus. Peserta juga diberikan kesempatan bertanya seluas-luasnya terkait CU.

Pelatihan juga diselingi dengan kuis-kuis yang dipandu fasilitator, salah satunya adalah peserta menebak gambar yang ditampilkan oleh fasilitator. 

Peserta merasa puas setelah mengikuti pelatihan ini. Seperti yang diungkapkan oleh Kristina Ida, peserta dari CU Kusapa. Pelatihan ini sangat membantu pengurus dalam melaksanakan tugas dan mengambil keputusan, ujarnya.

Wilhelmus Keo Bentu, peserta dari CU Sinar Saron menyampaikan materinya sudah sangat bagus, singkat padat dan jelas sesuai dengan tupoksi pengurus CU. Ditambahkan oleh Yanto, peserta dari CU Gerbang Kasih, penjelasan materinya cukup baik, lebih baik lagi kalau kegiatan seperti ini tatap muka langsung sehingga materi yang di jelaskan bisa di cermati.

Semoga peserta semakin memahami fungsi, tugas, dan tanggungjawabnya sebagai pengurus CU. Tentu saja agar pengelolaan CU semakin berkualitas agar CU sehat, aman, dan berkelanjutan. Salam Solusi Cerdas Terpercaya.

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: