Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita PUSKOPCUINA

Mengglobalkan Gerekan Credit Union Indonesia

Mengglobalkan Gerekan Credit Union Indonesia

“Siapa Yang Menguasai Informasi Akan Menguasai Dunia”.

Ungkapan popular tersebut dikatakan Marshall McLuhan, seorang ahli komunikasi untuk melukiskan betapa hebatnya pengaruh informasi yang disampaikan melalui media massa. 

Pendapat lain dikatakan Maxwell Mc Combs & Donald Shaw dalam teori “Agenda setting” bahwa “Agenda media adalah agenda massa”. Maksudnya adalah bahwa apa yang ditulis, disiarkan/dipublikasikan media massa akan menjadi agen public; suka atau tidak, butuh atau tidak, “terpaksa” public harus membaca, mendengar, menonton apa yang dipublikasikan media massa.

Bayangkan seandainya suatu hari, seluruh media massa di Indonesia menulis tentang credit union, maka pasti credit union akan sangat popular, akan trending. Saat ini harus diakui, informasi tentang credit union di media massa masih minim. Karena apa? Salah satu sebabnya adalah insan-insan credit union yang belum maksimal mempublikasikan berbagai aktivitas credit union-nya.

Menyadari hal tersebut, PUSKOPCUINA, sebagai Federasi Nasional Credit Union Indonesia harus mengambil peran aktif menyiarkan kabar tentang credit union. Untuk itulah tanggal 6-7 April 2022 dengan fasilitasi Edi Petebang, seorang penulis berpengalaman, PUSKOPCUINA mengadakan Bimtek Penulisan. Kegiatan yang bertempat di Aula PUSKOPCUINA tersebut diikuti delapan eserta dari bidang-bidang di PUSKOPCUINA, yakni Adrianus Alkadri, Ella Agustina, Lola Sonya, Beni Runtunuwu, Gandhi Wiria, Feliks, Thomas More Anwar, dan Willy Bordus Irwan.

Bimtek dibuka Erowin,General Manajer. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kreativtas aktivis PUSKOCPUINA agar dapat mempublikasi setiap kegiatan yang diselenggarakan dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki oleh PUSKOPCUINA,”harap Erowin.

Mengawali Bimtek ini, Edi menyampaikan tips singkat untuk mengatasi hambatan menulis. Yakni banyak membaca, banyak menulis, jangan pernah menunda, temukan waktu emas, temukan lokasi nyaman, dan buat draft tulisan.“Dalam artikel berita hard news maupun news feature, wajib hukumnya ada unsur 5 W dan 1 H. Yakni What, Who, When, Where, Why, dan How,”jelas Edi yang mendedikan hidupnya untuk dunia kepenulisan ini.

Fasilitator mencontohkan berita-berita hard news dan news feature yang diambil dari media massa standar, seperti Harian Kompas, detik.com, tempo.co serta sejumlah tulisan fasilitator di media massa sebagai bahan belajar bersama. 

Materi Bimtek ini 80 persen praktik menulis dan mengoreksi bersama hasil tulisan; total ada empat kali praktik. Yakni menulis artikel berita hard news dan news feature serta menulis siaran pers. 

“Bimtek ini diharpkan sebagai trigger agar ke delapan peserta aktivis PUSKOPCUINA ini menjadi corong lembaga untuk semakin mengglobalkan Gerekan Credit Union Indonesia,”harap Edi Petebang yang juga Anggota Pengurus PUSKOPCUINA ini.

Sebagai tindak lanjut Bimtek, para peserta diwajibkan untuk aktif membuat dan mempublikasikan kegiatan-kegiatan PUSKOPCUINA. **

Share this Post:
Ditulis oleh Admininstrasi
admin

Artikel Terkait: