Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

Berita Teknologi

Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing

Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing

Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar yang dia miliki.

Berlatar belakang masalah pada Gerakan PUSKOPCUINA yaitu kesulitan memasarkan produk-produk anggota, produk simpanan dan pinjaman. Serta ditambah dengan produk baru berhubungan dengan digitalisasi yaitu SmartCU dan ESCETE. Dengan adanya poduk tersebut maka target selanjutnya adalah untuk mendatangkan user dari luar Gerakan maupun dalam anggota CU sendiri menjadi Digital marketing yang baik salah satu tantangan.

Manajemen PUSKOPCUINA yang diwakili Santa Manik Pong Masak, Fransiska, Ghandiwiria, Feliks Yudha, Marwandy Candra, mengikuti pelatihan digital marketing tanggal 8 s.d. 10 Februari 2023 bertempat di Lembaga Pelatihan TI dan Pengembangan SDM atau SMILE di Yogyakarta. Tujuan mengikuti pelatihan adalah untuk meningkatkan Branding Awarness PUSKOPCUINA, Credit Union, SmartCU dan ESCETE lebih optimal dan lebih tertata. Salah satu alasan mengapa Brand awareness penting bagi bisnis? Karena konsumen cenderung membeli produk yang berasal dari merek yang dikenalnya. Memberikan mindset dan pengetahuan terkait digital marketing. Memberikan konsep dalam membuat strategi marketing melalui media digital. Dapat membuat perencanaan untuk marketing digital sesuai strategi marketing yang telah direncanakan.

Pengenalan Digitalisasi

Dalam materi ini, diawali dengan penjelasan singkat demografis dan keungulan indonesia dalam industri 4.0, dengan populasi penduduk dan penguna mobile terbesar didunia. Karena itu peluang untuk memasarkan secara online akan lebih besar peluang untuk usaha-usaha memasarkan produknya dan mendapat penghasilan. Banyak cara menghasilkan uang dari digital, terutama dari berjualan online sehingga dapat jualan tidak perlu ada tempat/toko ditempat yang strategi. beberapa cara berjualan tidak harus di marketplace, tetapi juga bisa di sosial media, website. Pada materi ini lebih banyak sharing apa yang sudah dimiliki oleh PUSKOPCUINA seperti website, akun Facebook, akun Instagram, produk e-payment ESCETE, dan e-commerce sMartCU.

Doc. Poto: Peserta Pelatihan Saat Mengikuti Pelatihan di SMILE Group Yogyakarta

Riset kata Kunci

Kata kunci atau keyword adalah kata-kata yang digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi melalui mesin pencari atau search engine. Ada 4 Jenis kata kunci pada umumnya bersifat Infomational (memberikan sebuah informasi), Navigational (mengarahkan atau mengajak), Commercial Investiagtion (memberikan sebuah pertanyaan atau isu), transaksional (mengunakan kata transaksi seperti beli atau jual dan memberikan contoh kata kunci yang sering dipakai oleh beberapa website. Selanjutnya untuk riset kata kunci dengan mudah, maka akan dibantu dengan beberapa tools untuk menemukan kata kunci yang punya potensi sebagai kata kunci utama. Berikut beberapa tools yang dipakai:

Google Trends: Merupakan kumpulan statistik semua kata kunci yang berasal dari pencarian pengguna di Search engine Google.

Keyword Everywhere: Merupakan alat bantu untuk melihat volume dari nilai rata- rata perbulan dan nilai CPC dari kata kunci.

WordStream: Merupakan alat bantu untuk melihat kualitas kata kunci di search engine selain google seperti bing, duckduckgo dan lain-lain.

Autocomplite Suggestion: Merupakan sugesti di mesin pencarian ataupun di e- commerce, sugesti tersebut bisa dipakai untuk mencari kata kunci alternatif.

Pada materi ini dengan mengunakan kata kunci yang ada diproduk tertuma di SmartCU dan lakukan riset kata kunci search engine google maka akan terlihat competitor/ saingan dalam produk yang sama. Serta terlihat perbedaan kualitas Keyword, SEO pada sMartCU.id belum bersaing, bahkan dengan kata kunci produk terlaris dengan kata kunci “Beli Kacang Mete murah” produk sMartCU belum bersaing keyword & SEO.

Copywriting

Dalam pemasaran digital, istilah copywriting adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan dan disebarluaskan untuk kepentingan komersial. Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain lain. Ada 11 teknik copywriting yang digunakan dalam membuat sebuah tulisan yaitu:

Personal Headline merupakan jenis yang dapat menimbulkan kesan yang lebih personal kepada pembaca. Ciri khas contoh copywriting jenis ini menggunakan kata yang bersifat lebih personal seperti aku, anda, kamu, dan kita. Tujuannya untuk menciptakan kedekatan yang akrab seperti sedang berkomunikasi dua arah kepada pembaca.

Urgent Headline, judul ini menciptakan rasa urgensi kepada pembaca sehingga mereka terpancing untuk mengklik iklan atau kontenmu. Headline yang dibuat bertujuan untuk menciptakan FOMO (Fear Of Missing Out)

List Headline, jenis ini biasanya dapat kamu temui di konten blog atau artikel- artikel yang berisi daftar informasi, tips atau instruksi. Apapun jenis list yang dibuat, pastikan untuk menguraikan dengan jelas jumlah items dalam artikel kamu dan cantumkan fokus atau keyword utama pada judul.

Selective Headline, jenis ini cocok untuk menarik audiens dengan target pasar tertentu. Maksudnya, jenis headline seperti ini lebih memfokuskan pada target pasar dengan golongan yang lebih spesifik. Seperti memberikan kata Khusus untuk personal tertentu.

Curiostiy Headline, bertujuan membangun rasa penasaran kepada pembaca. Untuk membuat curiosity headline, ciptakan knowledge gap atau celah pengetahuan kepada pembaca. Dengan menyembunyikan sebagian detail, kamu memancing rasa penasaran pembaca untuk mencari tahu lebih lanjut tentang informasi tersebut — sehingga mereka akan semakin tergoda untuk meng-klik artikel atau membaca tawaran anda.

Question Headline, pertanyaan memicu naluri setiap orang untuk meresponnya. Hal inilah yang dimanfaatkan para copywriter untuk menarik perhatian audiens. Sesuai dengan namanya, jenis headline ini berupa pertanyaan kepada pembaca.

News Headline, memberikan berita terbaru tentang produk, layanan, atau brand kamu kepada pembaca. Jenis ini cocok digunakan terlebih jika sedang meluncurkan produk atau fitur terbaru bisnis

Gimmick Headline, memanfaatkan gaya bahasa dengan pengulangan kata, permainan bunyi, dan sebagainya sehingga lebih nyaman didengar pembaca. Teknik copywriting ini banyak digunakan khususnya untuk membuat tagline atau slogan untuk sebuah brand. Pemilihan kata yang tepat sangat berpengaruh dalam membangun headline dengan jenis ini.

Command Headline, jenis command headline mengarahkan pembaca untuk mengambil tindakan. Judul seperti ini biasa disusun mengggunakan kalimat perintah yang mendefinisikan dengan jelas apa yang harus dilakukan pembaca. Jenis ini pasti sering kamu temui pada iklan digital ataupun print ads.

Testimoni Headline

Contoh copywriting yang selanjutnya adalah testimonial headline. Jenis ini menggunakan kutipan testimoni pelanggan untuk mengarahkan pembaca ke konten. Testimonial headline menyajikan pendapat pelanggan lain yang relevan dengan konteks yang disajikan.

Statistic Headline, contoh copywriting yang selanjutnya adalah testimonial headline. Jenis ini menggunakan kutipan testimoni pelanggan untuk mengarahkan pembaca ke konten. Testimonial headline menyajikan pendapat pelanggan lain yang relevan dengan konteks yang disajikan.

Materi ini juga melihat dan diskusi tentang headline, Kata kunci yang sudah ditulis dan diposting di website, facebook, Instragram PUSKOPCUINA dan SmartCU. Ada beberapa masukan untuk perbaikan terutama untuk SmartCU. Dan mencoba menulis headline menarik dengan tema-tema yang ada di Credit Union atau Puskopcuina.

Doc. Poto: Santa mewakili peserta saat menerima plakat dari Pimpinan SMILE Group Yogyakarta pada penutupan kegiatan

SEO (Search Engine Optimize)

Merupakan kependekan dari “Search Engine Optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan search engine optimization, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic. Ada 2 kategori SEO yang digunakan:

  1. SEO On Page, yaitu  optimalisasi internal website seperti meta decription, URL title, alt text untuk gambar, tag title, internal link, kecepatan load website dan lain-lain. Dengan menerapkan SEO on page secara konsisten, maka dapat dipastikan website yang dibuat akan terangkat peringkat pencariannya dan dalam perspektif digital marketing mampu meningkatkan conversion rate.
  2. SEO Off Page, yaitu aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dari luar. Misalnya pemilik website memberikan tautan/link dari website lain ke website milik sendiri, itulah yang disebut sebagai backlink. Penggunaan backlink ini tidak bisa sembarang, dalam arti tetap pilih website yang punya traffic bagus. Selain itu terlalu banyak menaruh backlink bisa dianggap spam oleh Google.

Semakin banyak website yang menaruh backlink ke website yang dimiliki, maka Google akan menilai bahwa website tersebut bermanfaat bagi banyak orang dan akan menaikkan rank di mesin pencarian Google. Salah satu teknik sering dipakai adalah backlink dari Facebook dan Google bisnis.

Google Bisnisku

Google bisnisku (Google My Business) merupakan sebuah tools yang disediakan oleh Google untuk mempermudah calon klien mengetahui informasi bisnis kamu. Seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review klien. Untuk Google bisnis bisa menjadi salah satu SEO Off Page di SmartCU.id karena dilihat belum banyak toko yang mengunakan google bisnis untuk backlink ke SmartCU.id

Web & Landing Page berbasis Wordpress

Website adalah kumpulan halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain pada jaringan World Wide Web (WWW) di Internet. Di era digital saat ini, internet merupakan salah satu sarana yang banyak digunakan untuk memudahkan berbagai kegiatan. Terlebih saat ini sudah banyak aplikasi dan tutorial cara membuat website sendiri dari nol tanpa coding yang membuat proses pembuatan web semakin mudah dan pertumbuhan jumlah website selalu meningkat di Indonesia.

Pada sesi ini lebih banyak praktek membuat website dan mempraktek riset kata kunci sesuai dengan alat bantu Yoast SEO. Latihan dimulai dari membuat artikel sesuai kata kunci produk di SmartCU.id artikel bisa berupa news, tutorial, manfaat dan lain-lain. Dengan tujuan bagaimana memasarkan produk dengan artikel agar backlink ke smartCU lebih banyak. Dan pemasarannya berdasarkan manfaat atau testimoni.

Kesimpulannya, bahwa digital marketing merupakan salah satu upaya promosi yang dilakukan melalui media digital/internet. Memberikan langkah praktis pemanfaatan media digital saat ini, mencakup pemilihan media digital yang sesuai dengan tujuan PUSKOPCUINA dan CU, mengelola komunikasi efektif, membuat konten sesuai tujuan. Ditambah tips untuk meningkatkan optimalisasi digital marketing.

 

Gandhiwiria & Tim Kreatif PUSKOPCUINA

Share this Post:
Ditulis oleh Gandhiwiria
Staf Bidang Teknologi Informasi PUSKOPCUINA yang membidangi ESCETE

Artikel Terkait: